MENU

Senin, 07 Maret 2011

Menyiasati Persoalan Kantor Yang Tidak Menyenangkan

Keadaan kantor tidak selamanya menyenangkan. Contohnya beberapa hal dibawah ini bisa membuat anda merasa tidak nyaman bekerja. Apa saja persoalan tersebut dan bagaimana mengatasinya? 


1.    Seorang rekan kerja punya kebiasaan yang menjengkelkan, yakni mecuri ide anda, dan mengatakan seolah-olah itu gagasannya.
Memang menyebalkan bila ide anda dicuri oleh rekan kerja, apalagi jika atasan percaya bahwa ide itu memang digagas si rekan kerja. Namun di satu sisi bisa jadi ini menjadi petunjuk kelamahan anda yang tidak mampu mengutarakan pendapat ke orang lain, sehingga ketika orang lain mengutarakannya sepertinya itu adalah idenya. Jadi beranikan diri mengajukan ide yang anda miliki ke atasan anda. Cobalah belajar dari kolega bagaimana cara menyampaikan ide sehingga bisa diterima atasan anda.

2.    Anda sedang mengeluh tentang atasan anda kepada seorang rekan kerja, namun tiba-tiba tanpa sepengetahuan anda, atasan tersebut melintas di dekat anda.
Apa yang harus anda lakukan? Tanyakan pada atasan anda, apakah dia mendengar apakah dia mendengar apa yang baru saja anda perbincangkan dengan rekan kerja anda. Bahkan kendati tidak sedikitpun, manfaatkan kesempatan tersebut untuk mendiskusikan masalah yang anda keluhkan. Ungkapkan bahwa anda sedang frustasi tentang satu hal. Jelaskan apa yang anda pikir, dan mintalah pendapatnya. Apabila dia bilang mendengar, langsung saja pulihkan kerusakan tersebut. Minta maaflah namun, anda harus siap menerima kecaman darinya, karena andalah yang memulainya.

3.    Seorang rekan kerja bertanya berapa gaji anda.
Jangan pernah mendiskusikan masalah gaji, kecuali dengan atasan. Pasalnya, menyebut beberapa besar gaji, bisa menyakiti hati rekan kerja anda maupun anda sendiri. Misalkan anda memperoleh gaji lebih besar darinya, anda bisa saja kecewa karena ternyata bedanya tak seberapa. Apabila anda memperoleh gaji jauh lebih banyak, anda mungkin merasa heran kenapa anda tak juga dipromosikan. Ingat, sekali saja anda membagi cerita tentang besarnya gaji anda, bisa saja cerita itu berantai ke telinga orang lain.

4.    Seorang rekan kerja tampak agak malas.
Apabila anda merasakan hal ini, tingkah laku pekerja yang rada malas di kantor itu bisa jadi berpengaruh terhadap pekerjaan anda. Lantas apakah anda ingin atasan segera mengambil tindakan padanya?
Bukan jalan terbaik jika langsung menegurnya atau mengadukan ke atasan soal malas kerjanya rekan kerja karena memang kasus ini sulit dibuktikan. Yang terbaik adalah masalah ini bisa anda angkat saat meeting departemen anda. Sarankan kepada atasan untuk memperbaharui harapan-harapan produktivitas bagi setiap orang. Katakan ini perlu menjadi fokus perhatian agar semua karyawan merujuk pada standar kerja yang sudah diputuskan.

5.    Tak ada privasi di tempat kerja anda.
Anda sedang mencoba mencari pekerjaan lain, dan anda sadar bahwa ada rekan yang mengetahuinya dari pembicaraan telepon anda. Berbicara soal pribadi jangan dilakukan di akntor karena bisa menimbulkan efek negatif. Jadi kalau ingin bicara pribaditunggulah hingga istirahat makan siang atau hingga jam kerja usai, dan menelponlah dari luar kantor, di mana anda tak akan didengar atau terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar