MENU

Selasa, 08 Maret 2011

Hati-Hati Dengan Sifat Buruk Penghambat Karir!


Untuk yang baru masuk kerja keinginan memiliki karir yang baik tentu ada. Namun untuk mencapai itu diperlukan berbagai usaha. Selain harus menunjukan kinerja yang baik, perlu Anda ketahui prilaku juga sangat mempengaruhi karir Anda. Kalau prilaku baik, karir juga naik, sebaliknya kalau buruk, kemungkinan hal itu bisa menghambat karir sangatlah besar. Dibawah ini beberapa sifat yang harus Anda hindari, semoga dengan menghindarinya karir Anda cepat meningkat.


Malas
Hindari sifat ini. Sifat malas ditempat kerja membuat Anda lebih sering menunda-nunda pekerjaan dari pada menyegerakannya. Akibatnya Anda akan kehilangan kesempatan berharga untuk berkarya dan maju. Manfaatkan waktu yang ada untuk mereview dan merencanakan apa yang sebaiknya Anda lakukan.

Terlalu bangga
Bangga terhadap prestasi yang diraih memanga wajar dan semestinya. Tidak salah kok kalau Anda membutuhkan ‘pengakuan’ atas prestasi yang dan kemampuan Anda. Tetapi jangan sampai kebanggan Anda ini terlalu sering digembar-gemborkan. Bersikaplah ‘low profile’ sehingga rekan-rekan Anda akan semakin menghargai Anda.

Marah
Marah yang berlebihan dapat merusak hubungan kerja yang stabil dan membuat emosi kacau balau. Konsisi ini membuat pekerjaan terganggu. Tetapi kalau harus marah dikantor,  jangan takut mengeluarkan amarah. Tetapi sebisa mungkin hindari orang-orang dapat memancing amarah dan memperkeruh keadaan. Yang penting tindak lanjuti amarah dengan hal positif dan jangan mencampur adukan kemarahan pribadi ke dalam pekerjaan, sehingga hubungan kerja dengan rekan-rekan di kantor tetap aman dan damai.

Iri hati
Sifat ini merupakan refleksi ‘kecemburuan’ Anda terhadap kelebihan orang lain, misal iri ketika rekan mendapatkan promosi jabatan sementara Anda tidak, iri jika teman Anda memperoleh kenaikan gaji. Namun sifat iri hati ini bisa menjadi positif, jika Anda menjadikan cambuk untuk maju dan berhasil dari orang lain, dengan catatan , jalan yang ditempuh pun harus positif.

Rakus
Sifat ‘rakus’ membuat Anda ingin memiliki semua yang Anda inginkan, baik materi maupun kedudukan/jabatan. Anda selalu ingin mengerjakan semua tugas-tugas penting di kantor, meski pekejaan  itu bukan untuk Anda. Biasanya sifat ini didasari ‘ego’ ingin menonjol sendiri ditempat kerja. Kerakusan yang lain adalah dalam hal materi. Anda ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari pekerjaan, agar dapat memiliki materi yang banyak. Jika khilaf tindakan ini bisa menjurus ke arah korupsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar