MENU

Sabtu, 12 Februari 2011

Tips praktis mempersiapkan Interview kerja


Bagi anda yang alam menghadapi interview baca tips praktis dibawah ini. Agar wawancara anda bisa efektif dan menghasilkan hasil sesuai yang anda inginkan.berikut beberapa tips yang harus anda persiapkan:




1.   Siapkan interview kid.
Siapkan sebuah berkas yang disebut interview kid. Simpan dokumen penting seperti CV terbaru, ijazah pendidikan, sertifikasi bidang keahlian dan training, sertifikat penghargaan yang anda miliki serta dokumen resmi lainnya. Jangan lupa beberapa lembar fotokopinya. Selain itu jika anda punya hasil karya atau bukti karya yang pernah anda capai, sertakan juga. Interview kid ini sangat berguna memberikan gambaran visual diri anda.

2.   Buat daftar kemahiran anda.
Ini akan membantu anda menjawab pertanyaan yang menyangkut kelebihan diri sendiri. Misalnya pengetahuan penggunaan internet, kursus intensif komputer, diploma perpajakan atau sertifikasi internasional yang anda miliki.

3.   Buat strategi “60 detik”.
Berlatihlah menjawab pertanyaan yang diajukan kurang dari 1 menit. Strategi ini cocok untuk menjawab pertanyaan seperti: “Ceritakanlah tentang diri anda?” gunakan strategi ini untuk membuat kesimpulan jawaban.

4.   Berlatih memberikan jawaban singkat dan jelas untuk pertanyaan kunci,
Yakni pertanyaan seperti “Mengapa anda harus keluar dari tempat kerja yang lama?” atau “Apakah kelemahan anda?” dapat anda jawab dengan lancar jika sudah dipersiapkan terlebih dulu.

5.   Latih penampilan anda.
Jika perlu, siapkan kamera video dan alat rekam untuk mendengar suara dan melihat postur tubuh saat wawancara.

6.    Beri bermacam-macam contoh kejadian atau pengalaman yang pernah anda alami.
Asumsi perusahaan: apa yang telah anda lakukan mencerminkan apa yang kelak anda lakukan.

7.   Jabat tangan pewawancara dengan tegas.
Pandanglah kedua matanya. Siapa namanya  saat masuk dan meninggalkan ruangan. Ucapkan salam standar seperti, “Selamat siang Bapak. . . “.

8.   Dengarkan semua pertanyaan dengan seksama dan jawablah dengan ringkas.
hal ini akan mengesankan anda cakap dalam berkomunikasi maupun cepat dalam berfikir. Jika ada pertanyaan yang tidak jelas, tanyakan sekali lagi supaya anda benar-benar yakin telah mengerti inti pertanyaan. Namun jangan sampai hai ini (bertanya), anda lakukan berulang kali.

9.   Aktif dalam percakapan.
Ciptakan hubungan dan ajukan pertanyaan berkaitan. Misalnya saat berbicara tentang komputer, tanyakan sistem apa yang dipergunakan oleh perusahaan tersebut.

10.     Perhatikan minat dan semangat.
Ekspresi wajah yang monoton tak akan membuat si pewawancara berminat dan yakin akan kemampuan anda. Ceritakan pengalaman yang telah anda jalani. Lalu tunjukan bahwa anda akan sukses melakukan pekerjaan yang baru nantinya berkat pengalaman masa lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar